Bupati Minta Diproduksi Masal

Bupati Minta Diproduksi Masal

Produksi Olahan Gurita Dalam Kaleng

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Guna mengoptimalkan melimpahnya potensi gurita di Kabupaten Kaur, Pemkab Kaur melalui Pondok Pusaka Techno Park bekerjasama dengan Sumbawa Techno Park berhasil memproduksi makanan berbahan gurita dalam kemasan kaleng. Dimana produk olahan gurita ini sangat nikmat terutama bagi pecinta kuliner seafood serta dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama. Menyikapi keberhasilan produksi olahan gurita ini, Bupati Kaur Gusril Pausi SSos MAP menyambut baik dan mendorong diproduksi secara masal.

“Ini saya sangat mengapreasi. Kita bisa memproduksi olahan gurita yang memang melimpah di Kaur. Ke depan, kita dorong produk olahan ini diproduksi secara masal, kemudian dipasarkan secara luas baik nasional bahkan internasional,” terang bupati.

Dikatakan bupati, produksi olahan gurita dalam kaleng dan menjadi kerupuk menjadi bagian dari upaya pengembangan sektor maritim daerah ini. Dimana gurita, hewan sejenis moluska menjadi salah satu komoditas andalan Kaur. Selama ini, gurita diolah menjadi aneka macam kuliner seperti gulai, rendang atau sate. Namun kini gurita mulai diproduksi menjadi seafood dan kerupuk gurita.

“Gurita kemasan dan krupuk gurita merupakan produk baru. Selama ini masyarakat hanya mengenal kerupuk berbahan baku udang dan ikan. Padahal kerupuk gurita juga tak kalah enaknya dibanding kerupuk udang atau ikan tengiri,” jelasnya.

Sebagaimana kita ketahui sebelumnya pada tahun 2018, potensi gurita Kaur sempat menorehkan prestasi di tingkat nasional sekaligus internasional melalui pemecahan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) kategori penyajian sate gurita terbanyak. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: